Live In: Toleransi dalam Bermasyarakat

Published by serviam on

Kelas XI melaksanakan pembelajaran luar kelas, yaitu Live In. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat dan mengembangkan sikap toleransi terhadap sesama, sesuai dengan misi yang dibawa SMAK Cor Jesu. Pada kali ini,  Live In dilaksanakan di Desa Pinge, Bali selama 7 hari.

Seluruh siswa kelas XI berangkat pada Rabu, 4 Desember 2019 bersama dengan beberapa guru yang ikut mendampingi mereka. Setelah mereka tiba di Desa Pinge, mereka langsung menemui keluarga angkat yang akan menemani mereka di sana. Banyak kegiatan yang mereka lakukan di desa ini, dari mulai membuat tape dan minyak kelapa, mengunjungi tempat produksi pahat kayu, menanam bunga, sampai memasak masakan khas Bali. Satu kegiatan yang menurut mereka paling berkesan adalah belajar menari Kecak bersama seniman terkenal yang ada di desa ini, yakni Pak Dore. Jika sebelumnya mereka hanya menikmati tarian itu saja, kali ini mereka diajak untuk menarikannya.

Setelah kegiatan di Desa Pinge selesai, mereka diberi kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Bali dan membeli oleh-oleh untuk orang-orang tersayang. Mereka sampai di Malang pada 10 Desember 2019. Semoga dengan adanya kegiatan ini, para siswa dapat melakukan toleransi dalam hidup bermasyarakat.

Penulis: Maria Tina Septina

Categories: Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *